penyakit kanker serviks


KANKER SERVIKS

   Hari ini lagi maraknya berita tentang kematian Julia perez, seperti yang kebanyakan kita ketahui Artis ini sudah lama menderita kanker serviks.Nah, sebagai sesama wanita saya hanya ingin membagikan sedikit pengetahuan tentang kanker serviks.Kanker terjadi karena pertumbuhan sel yang tak terkendali, kanker ada 2 jenis yaitu kanker jinak dan kanker ganas.



 sedangkan kanker serviks ialah kanker yang terjadi di leher rahim wanita, leher rahim ini bagian yang menghubungkan vagina ke rahim atau uterus.Kanker Serviks ini sangat berbahaya karena menurut beberapa sumber kanker ini salah satu penyebab tertinggi kematian wanita didunia.Bahkan di Indonesia Sendiri, angka penderita kanker serviks begitu tinggi diikuti juga dengan penderita kanker payudara.
   Kanker serviks biasanya terjadi di atas usia 40 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan hal ini dapat terjadi kurang dari usia 40 tahun.kanker ini tentunya terjadi hanya di alami seorang wanita, jadi bagi kalian harus hati-hati ya.Simak beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker serviks di bawah ini :

Merokok
Merokok bisa meningkatkan terjadinya kanker servik, ada kandungan zat kimia dalam rokok yang dapat merusak DNA pada sel jaringan serviks(leher rahim).

Virus HPV(human papiloma virus)
Virus HPV adalah suatu kelompok yang terdiri dari 150 lebih virus, ditularkan melalu hubungan seksual baik secara vaginal maupun oral.Infeksi HPV ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius pada organ mulut dan genital.

Riwayat keluarga
kanker serviks terjadi karna faktor keturunan, jika seorang wanita memiliki ibu dan saudari perempuan yang mengidap kanker serviks, maka resiko yang lebih tinggi terjadi juga pada wanita tersebut.

Sering mengkonsumsi pil kb
Wanita yang sering mengkomsumsi kontrasepsi oral atau pil kb dalam jangka waktu lama atau lebih dari 5 tahun beresiko dua kali lebih besar mengidap kanker serviks.

Obesitas/kelebihan berat badan
Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki resiko lebih tinggi mengidap kanker serviks.

Kurang konsumsi buah dan sayuran
Sayur dan buah mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkis infeksi dan radical bebas, serta berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Kurangnya konsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan terjadinya kanker serviks.

Bergonta ganti pasangan
Melakukan hubungan seksual lebih dari 1 pasangan dapat meningkatkan resiko kanker serviks, karena virus HPV dapat berpindah melalui hubungan seksual.Jadi jika mau terbebas dari kanker serviks cukup berhubungan seks dengan 1 orang saja.

GEJALA KANKER SERVIKS
Gejala-gejala tersebut meliputi :

1. Pendarahan
Pendarahan yang terjadi di vagina, biasanya terjadi di setelah berhubungan seksual, ketika buang air besar atau menstruasi yang berkepanjangan/tidak normal.

2. Keluar cairan vagina yang tidak normal
Terdapat darah pada cairan vagina atau keputihan yang berlebihan atau cairan vagina.

3. Turunnya berat badan secara drastis
Penderita kanker stadium akhir akan mengalami kehilangan berat badan.Kondisi ini di ikuti dengan hilangnya nafsu.

4.Nyeri perut
Pnderita kanker serviks akan mengalami nyeri punggung dan nyeri pada perut.

5. Pusing dan kelelahan
Pada stadium lanjut, penderita akan lebih sering mengalami pusing dan lelah. Keadaan ini dapat menyebabkan hal-hal yang lebih buruk jika tidak segera ditangani.
 Apabila kalian mengalami salah satu atau beberapa gejala diatas, Segera konsultasikan ke dokter!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ku jemput hidayah dijalan tarbiyah Wahdah Islamiyah

Taruni cantik dari BP2IP Barombong ini tewas terlindas truk kontainer

Seseorang di masa lalu