About MLM(multi level marketing)

assalamualaykum,fachan dattebayou~^_^..
Beberapa hari yang lalu ada seorang teman di fb yang mengajak saya dalam bisnis MLMnya, saya sebenarnya sudah tau sih tentang bisnis itu makanya saya gak tertarik untuk ikut join :D Btw bicara tentang MLM, kalian sudah tau gak apa itu MLM? menurut saya MLM = MaLeM :D wkwk*just kidding.

     MLM kepanjangan dari Multi Level Marketing, yang dimana orang mendaftar untuk menjual produk langsung ke konsumen dengan komisi.Jadi misalnya, jika saya menyukai produk pisaunya, saya bisa menjadi sales untuk mereka.Setiap kali saya menjual pisau saya akan mendapatkan beberapa bagian dari penjualan.Nah, The real power dari perusahaan MLM berasal dari merekrut orang lain u/tim kamu.jadi bukan saja kamu mendapatkan bagian dari penjualanmu tapi juga penjualan dari tim kamu.

   MLM berskema bisnis piramid yang dimana kita disuruh daftar lalu disuruh beli satu produk kecantikan/ksehatan untuk kita jual lagi,terus kita disuruh membawa dua orang teman untuk join, nah jika semakin banyak orang yang kita ajak maka akan semakin untunglah kita.Kata, kebohongan, dan provokasi digunakan untuk membujuk calon downlinenya agar mau bergabung dalam bisnisnya.

    Pada dasarnya jualan utama mereka adalah "sistem" namun di tambah "produk" sebagai kedoknya.Banyak oknum-oknum MLM yang seperti itu, mereka cuma fokus pada perekrutan orang-orang dengan iming-iming bonus yang tinggi daripada penjualan produk.Mereka yang terlibat dalam jaringan pemasaran hanya untuk uang, tidak ada yang peduli tentang produk.Ini seperti yang diucapkan oleh Donal Trump :
           
               "if you are in business only for the money,you should quit right now"

   Jika kamu mempromosikan produk kepada orang lain, maka kamu adalah Afiliasi.Jika kamu merekrut orang ke dalam program sebagai downlinemu maka kamu terlibat dalam MLM.

   Banyak juga oknum MLM yang mengaku seorang pengusaha padahal mereka sendiri tidak lain hanyalah seorang sales yang memasarkan produk orang lain. Perlu kalian tau, seorang pengusaha adalah seseorang yang mem-PRODUKSI productnya sendiri lalu memasarkannya, bukan seperti pelaku MLM.Mereka tidak bisnis, tidak memiliki website, tidak memiliki apa-apa selain produk yang biasanya kamu diminta untuk membeli dari perusahaan.

   Menurut Islam, sistem dari MLM itu tidak di perbolehkan, ada yang bilang itu haram sama seperti jual beli Gharar, karna sistem dari MLM ini merugikan downlinenya yang berada paling bawah/akhir, juga ada unsur memakan harta hasil penjualan orang lain.Untuk penjelasan lebih detail tentang hukum gharar kalian biasa search di google sendiri yah ;)

sekian dari penjelasan saya, kalau ada yang tersinggung sama tulisan ini saya mintaa maaf.Tidak ada maksud menjelek-jelekkan oknum MLM hanya saja saya mau membuka mata kalian yang terpengaruh pengen sukses dengan instant dan modal dikit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ku jemput hidayah dijalan tarbiyah Wahdah Islamiyah

Taruni cantik dari BP2IP Barombong ini tewas terlindas truk kontainer

Seseorang di masa lalu