Definisi Tekanan darah dan klasifikasinya


Masih banyak orang awam yag belum menyadari pentingnya mengetahui dan rutin mengukur tekanan darah, padahal tekanan darah yang tidak normal bisa berdampak sangat buruk untuk tubuh kita.Nah, berhubung saya pernah sekolah Keperawatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu yang pernah saya pelajari tentang tekanan darah beserta klasifikasinya.

  •  Definisi Tekanan Darah
   Tekanan darah ialah kekuatan atau tekanan yang di alami darah pada pembuluh darah arteri ketika darah dipompa oleh jantung lalu disebarkan keseluruh tubuh atau ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah keseluruh tubuh.Tekanan darah juga menunjukkan kondisi kesehatan jantung, semakin normal tekanan darah kita maka akan semakin baik kondisi kesehatan jantung kita.

  • Ukuran Tekanan Darah yang normal
   Ukuran tekanan darah yang normal secara umum sekitar dibawah atau setara 120/80.Tapi ukuran tekanan darah setiap orang tidak mutlak sama, tergantung dari aktivitas fisik atau kondisi psikis dari orang tersebut.

   Selain itu, banyak juga yang belum tau apa itu tekanan sistolik dan diastolik.Contohnya, anda memiliki tekanan darah 120/70.Nah, angka 120 ini di sebut tekanan sistolik(detakan pertama yang muncul saat pengukuran).Ini mnunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah keseluruh tubuh.
Sedangkan angka 70 disebut tekanan diastolik(detakan terakhir yang muncul), yang menunjukkan tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum memompa kembali.

   Tekanan darah dibedakan menjadi dua yakni;

 HIPERTENSI

   Hipertensi ialah tekanan darah tinggi.Seseorang dikatakan Hipertensi apabila tekanan darahnya berada di sekitar 140/90 atau lebih dari angka itu.Orang yang menderita Hipertensi kadang menderita sakit kepala terutama di bagian belakang leher dan pusing.
 
   Selain itu, tekanan darah yang semakin tinggi bisa membuat tubuh mati rasa, inilah yang biasanya menjadi awal gejala penyakit stroke.Hipertensi ini jangan dipandang remeh karena kalau tidak segera ditangani akan menyebabkan banyak komplikasi salah satunya stroke atau kematian.

HIPOTENSI

   Hipotensi ialah tekanan darah rendah.Ukuran tekanan darah rendah ialah di bawah 90/60.Ciri-ciri penderita hipotensi ialah sakit kepala, pusing dan mata berkunang-kunang, ini terjadi saat penderitanya baru bangkit dari tempat duduk atau saat ingin berdiri.pusing dan mata berkunang-kunang terjadi pada penderita Hipotensi dikarenakan kurangnya aliran darah yang menuju ke otak.

   Selain itu, penderita hipotensi juga akan mengalami mual dan muntah, kedinginan, Kuku mudah patah(rapuh) dan kulit berwarna pucat khususnya pada bagian bibir.Sebagian orang mungkin ada yang meremehkan tekanan darah rendah dibanding tekanan darah tinggi padahal tekanan darah yang semakin rendah juga bisa sangat berbahaya, kerusakan otak sampai kematian adalah dampaknya.

   So, mulai dari sekarang saya menganjurkan kalian untuk rutin mengukur tekanan darah minimal sekali setahun.Tapi untuk penderita Hipertensi lebih baik lebih banyak mengukur tekanan darahnya untuk menghindari komplikasi dari hipertensi tersebut.Kalian juga bisa mengukur tekanan darah di rumah dengan membeli alatnya dan mempelajarinya terlebih dahulu, gampang kok kalau kalian ingin mencoba ^_^.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ku jemput hidayah dijalan tarbiyah Wahdah Islamiyah

Taruni cantik dari BP2IP Barombong ini tewas terlindas truk kontainer

Seseorang di masa lalu