Mencaci-maki Presiden tidak mengubah keadaan

   

 


  Ok guys, di sini saya hanya sebagai pihak yang netral, saya hanya ingin menyampaikan sedikit saran dan pendapat saya tentang masalah yang sering saya jumpai di medsos khususnya di Facebook.

    Banyak saya temui orang-orang yang posting hal-hal tentang bapak presiden kita Jokowi yang menurut saya tidak pantas dan berbau cacian.Yah, saya mengerti hal itu bentuk kekesalan mereka atas pemerintahan pak Jokowi yang kurang tegas dalam menangani sekelumit permasalahan yang ada dalam negri ini.Tapi, apakah dengan cacian dan menyebarkan aib presiden bisa mengubah keadaan? apakah dengan sikap kita yang seperti itu bisa memperbaiki minimal sedikit dari permasalahan negri ini? saya fikir tidak sama sekali.

    Saya menulis ini bukan karena saya mendukung atau membela pak Jokowi,tidak! tapi saya cuma merasa miris dengan kalian yang membuang waktu bahkan semakin memperburuk keadaan yang ada. Apakah pantas seorang Muslim mencela dan suka mencaci maki? saya rasa kita pernah di ajarkan dalam agama kita untuk tidak saling mencela dan mencaci maki.Ada sikap yang lebih bijak dalam menghadapi persolan ini, mencaci maki presiden tidak mengubah keadaan, dari pada mencaci maki lebih baik doakan presiden kita. Bukan kah senjata umat islam adalah doa? kembalikan semuanya kepada Allah. Jadi, kalau kita tidak bisa membantu dalam memperbaiki keadaan yang ada, minimal kita berdoa daripada mencaci maki yang lebih menimbulkan banyak mudharat.


    Sebagai mana Allah berfiman:

      "....  dan  janganlah  sebagian kamu mengumpat (menggunjing) sebagian yang lain. (surat  Al Hujurat  (49)  ayat 12 )
     " celaka   bagi setiap   pengumpat  lagi  pencela." ( surat  Al Humazah, ayat  1 ).

    So, mencaci-maki, mengumpat atau mencela bukanlah akhlak seorang Muslim, jadlah bijak dalam menghadapi permasalahan yang ada.Seperti sebuah pepatah Cina: "Don't curse the darkness, light a candle": Dibandingkan mengutuk kegelapan, jauh lebih berguna langsung menyalakan lilin. Jadi daripada mengutuk dan mengeluh dengan pemerintahan pak Jokowi atau permasalahan negri ini, lebih baik kita melakukan hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki negri ini meskipun itu hanya hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan kertas demi menghindari banjir, kemacetan dan juga longsor.

    Saya sarankan jangan jadi orang yang hanya semakin memperburuk keadaan, tapi cobalah ikut andil dalam memperbaiki keadaan dengan sikap yang positif dan bijak.Tapi jika tidak mampu, sekurang-kurangnya cukup berdoa! ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ku jemput hidayah dijalan tarbiyah Wahdah Islamiyah

Taruni cantik dari BP2IP Barombong ini tewas terlindas truk kontainer

Seseorang di masa lalu